Pemahaman Dasar Komunikasi Bisnis
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang tidak dapat dilepaskan dari dunia komunikasi,mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali.Sebelum berangkat kerja atausekolah,berbagai kegiatan komunikasi mereka lakukan, seperti mendengarkan musik atauradio, menonton acara televisi, membaca koran, majalah atau tabloid,atau bercengkeramadengan anggota keluarga.Kegiatan komunikasi yang dilakukan dapat menggunakan berbagai media komunikasiyang ada, baik media komunikasi nonelektronik / konvensional ( penggunaan bahasa lisan, bahasa isyarat / bahasa tubuh, surat menyurat, surat kabar majalah dan tabloid ), maupunmedia komunikasi elektronik ( media audio visual, interkom, internet, telepon seluler dantelepon biasa ).Dalam dunia bisnis yang berskala kecil, menengah maupun besar, para pelaku bisnis tidak dapat terlepas dari kegiatan komunikasi. Oleh karena itu, komunikasi merupakan faktor yang sangat penting demi pencapaian tujuan suatu organisasi. Seorang pimpinan suatuorganisasi bisnis, pada dasarnya dapat memberikan perintah kerja kepada bawahannyasecara lisan ( penyampaian pesan bisnis melalui telepon, interkom, rapat-rapat, dan pengarahan ) dan secara tertulis ( memo, surat tugas kerja, surat perjanjian kerja, surat pengumuman, surat edaran umum dan lain lain ).pembuatan pesan-pesan bisnis tersebutmerupakan kegiatan yang rutin dilakukan dalam dunia bisnis.Sebagai awal, akan dibahas dasar-dasar komunikasi bisnis yang mencakup pengertiandasar komunikasi bisnis, komunikasi antarpribadi (
interpersonal communications
),komunikasi lintas budaya (
intercultural / cross cultural communications
), bentuk dasar komunikasi ( komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal ), proses-proses komunikasi, permasalahan dan kesalahpahaman yang timbul dalam komunikasi serta cara-caramemperbaiki atau meningkatkan komunikasi.
Rabu, 01 Oktober 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar